Liputan Khusus

Kolokium berusaha menemukan ‘langkah maju’ soal hutan dan iklim

Ada beberapa rujukan yang bersilangan antara deklarasi hutan dan deklarasi pertanian. Ini agak mengejutkan dan menghambat langkah ?
Bagikan
0
John Holdren, Penasihat Sains Presiden AS Barack Obama, berbicara pada Kolokium Hutan dan Iklim, 24 September 2014. Klik di sini untuk menyaksikan presentasinya. Kate Evans/Foto CIFOR
John Holdren, Penasihat Sains Presiden AS Barack Obama, berbicara pada Kolokium Hutan dan Iklim, 24 September 2014. Klik di sini untuk menyaksikan presentasinya. Kate Evans/Foto CIFOR

Paling popular

NEW YORK— Hasil Konferensi Tingkat Tinggi Iklim PBB menawarkan peluang mengarusutamakan pendekatan lebih holistik terhadap hutan, perubahan iklim dan pembangunan, kata Peter Holmgren, direktur jenderal Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR).

Terserah masyarakat ilmu pengetahuan untuk melakukan sesuatu… menyediakan pengetahuan dan pilihan untuk melangkah maju

Membuka “Kolokium mengenai Hutan dan Iklim,” sebuah debat ilmiah tingkat tinggi di New York sehari setelah KTT, Holmgren menyebut kurangnya kelengkapan deklarasi KTT dalam mengatasi beragam aspek perubahan iklim. Pendekatan berbasis-sektoral, tegas Holmgren, dapat menghambat langkah maju memerangi perubahan iklim – sebagai masalah yang mencakup semua sektor.

“Agak mengejutkan ada beberapa rujukan silang antara deklarasi hutan dan deklarasi pertanian,” katanya di depan 200 orang di Universitas Columbia. “Ini benar-benar membatasi pilihan kita” untuk merengkuh perhatian terkait iklim, pembangunan dan sumber alam, katanya.

Pidato Holmgren menetapkan nada Kolokium, yang menghadirkan enam tokoh utama pemikir global di bidang pembangunan, ilmu pengetahuan dan ekonomi – termasuk penasihat sains Presiden Amerika Serkat, John Holdren. Para panelis menyampaikan presentasi singkat gagasan mereka dalam memetakan penelitian hutan dan iklim masa datang.

Berlawanan dengan latar belakang KTT Iklim PBB dan Against the backdrop of the UN Climate Summit dan Pawai Iklim awal pekan ini, Holmgren mendorong aksi segera. “Kita telah memiliki perhatian pimpinan negara-negara,” katanya sebelum presentasi para panelis. “Terserah masyarakat ilmu pengetahuan untuk melakukan sesuat .. menyediakan pengetahuan dan opsi untuk melangkah maju.”

(Visited 175 times, 1 visits today)
Topik :   Bentang alam