Berita

Sekarang Tak Sulit Lagi Mencari Informasi tentang REDD: Website REDD-Indonesia

Jawabannya ada di website REDD-I. Situs berbahasa Indonesia yang menyajikan beragam informasi REDD, hutan dan perubahan iklim.
Bagikan
0

Paling popular

Indonesia - Oleh Nita Irawati Murjani (CIFOR) dan Dyah Puspasari (FORDA)

Istilah pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan   (Reducing Emission from Deforestation and Forest Degradation (REDD)) mulai dikenal di penghujung tahun 2007 dengan mulai masuknya skema ini dalam perundingan internasional perubahan Iklim UNFCCC COP 13 di Bali. Namun sejak itu, informasi tentang REDD masih sangat sulit ditemukan. Kalaupun ada, hanya merupakan bagian dari diskusi yang lebih luas tentang perubahan Iklim. Padahal Pemerintah Indonesia sendiri telah memiliki Rencana Aksi Nasional (RAN) REDD, yang saat ini juga sedang disusun strategi pelaksanaannya.

Namun apakah REDD sudah dipahami dengan benar oleh pihak-pihak terkait dan publik? Pemahaman yang benar tentu diperlukan bila kita ingin REDD dapat terlaksana dengan baik dengan dukungan semua pihak. Tapi apakah ada referensi yang secara menyeluruh menyajikan informasi-informasi penting seputar REDD dan mudah diakses?

Jawabannya ada di website REDD-I, sebuah situs berbahasa Indonesia yang tidak hanya menyajikan beragam informasi, cerita dan hal-hal menarik terkait pelaksanaan REDD, namun juga hal-hal terkait hutan dan perubahan iklim di Indonesia.  Situs ini resmi diluncurkan oleh Menteri Kehutanan pada acara Pembukaan 3rd Indogreen Forestry Expo 2011 di Jakarta Convention Center, yang akan berlangsung sampai Minggu, 14 April 2011.

Informasi Apa Saja yang tersedia di Website REDD-I?

Website ini dapat diakses di: http://www.redd-indonesia.org

Kekuatan utama website ini adalah tersedianya informasi yang mungkin akan sulit mencarinya di sumber-sumber lain seperti:

  • hasil-hasil riset dan publikasi terkait REDD yang bahkan dapat diunduh secara online
  • proyek percontohan (demonstration activities)
  • regulasi nasional dan konsensus global terkait REDD
  • pakar-pakar REDD di Indonesia, dll

Selain itu, situs ini juga menyajikan format audio visual yang berisi beragam informasi termasuk wawancara eksklusif dengan menteri Kehutanan Indonesia, Zulkifli Hasan, tentang REDD dan Tahun Internasional Kehutanan. Kedepannya, akan juga dibuat wawancara dengan para pakar dan tokoh REDD lainnya di Indonesia serta film-film menarik terkait upaya penyelamatan hutan dan mitigasi perubahan Iklim di negara dengan luasan hutan terluas di dunia ini.

Para pengguna juga akan dapat mengakses situs ini melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan YouTube yang juga akan menjadi tautan langsung di situs ini.

Informasi lebih lanjut mengenai website ini dapat menghubungi Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan di alamat e-mail web-redd@forda-mof.org atau melalui Dyah Puspasari di nomor HP 08128248737 selaku administrator website.  Situs ini dapat dilihat di booth Kementerian Kehutanan dan CIFOR selama pameran 3rd Indogreen Forestry Expo 2011.

(Visited 105 times, 1 visits today)