Video

Indonesia berkabung asap

Lihat rekam visual penting dari tim ilmuwan akan kerentanan lahan gambut terhadap api
Bagikan
0
Akurasi kedalaman gambut membantu mengetahui besarnya cadangan karbon. Aulia Erlangga/CIFOR
Akurasi kedalaman gambut membantu mengetahui besarnya cadangan karbon. Aulia Erlangga/CIFOR

Paling popular

Indonesia - Lahan gambut terbakar dan melepaskan gas racun. Menimbulkan dampak yang tak sedikit bagi lingkungan, satwa liar termasuk kesehatan masyarakat yang tinggal di kawasan rentan kebakaran lahan.

Tim ilmuwan dari Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR) mengunjungi lokasi pusat kebakaran lahan untuk melihat dari dekat situasi terkini yang tengah terjadi di Palangka Raya, propinsi Kalimantan Tengah. Tim melakukan kunjungan lapang, mengukur besarnya dampak gas-gas beracun yang ditimbulkan oleh bencana asap ini.

Sebagian besar kebakaran lahan di Kalimantan Tengah tersulut di bekas hutan lahan gambut yang telah dikeringkan, dibersihkan dari bekas-bekas kebakaran untuk perkebunan kelapa sawit serta pertanian lain-lain. Lahan gambut yang telah menjadi kering itu mudah terbakar, menghanguskan lapisan teratas permukaan tanah, dan juga membakar lapisan gambut bagian bawah.

(Visited 211 times, 1 visits today)
Riset ini merupakan bagian dari penelitian CGIAR tentang Hutan, Pepohonan dan Agroforestri.
Riset ini didukung oleh Riset ini didukung oleh Departemen Pembangunan Internasional Inggris, melalui proyek KnowFor , dan USAID
Topik :   Deforestasi Kebakaran hutan & lahan Gambut dan Mangrove