Liputan Acara

VIDEO: Restorasi hutan hujan di Asia Pasifik

Dalam melaksanakan restorasi, jangan lupakan integrasi dengan pendekatan bentang alam.
Bagikan
0
Berbagi ide restorasi bentang alam hutan dalam Pertemuan Hutan Hujan Asia Pasifik 2016.
Berbagi ide restorasi bentang alam hutan dalam Pertemuan Hutan Hujan Asia Pasifik 2016. Augusta Mindri/CIFOR

Paling popular

Asia Pacific - Deforestasi dan degradasi telah mempengaruhi jutaan hektar hutan hujan di wilayah Asia-Pasifik. Berbagai upaya tengah dilakukan untuk memperlambat dan menghentikan tren itu – namun apakah hal ini dapat dibuat terbalik?

Para ahli dari pemerintahan, bisnis, masyarakat sipil dan penelitian membahas berbagai usaha yang dapat dilakukan dalam pertemuan Asia-Pacific Rainforest Summit, yang diselenggarakan 3-5 Agustus lalu di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Dalam sesi berjudul ‘Memulihkan Hutan Kami‘, perwakilan dari Pemerintah Brunei, International Union for Conservation of Nature (IUCN), universitas-universitas dari Brunei dan Australia berbagi ide restorasi bentang alam hutan Asia-Pasifik. Bersama-sama, mereka mencari jalan untuk menemukan keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan pembangunan daerah dan melestarikan aset alam yang berharga, serta bagaimana hubungannya dengan aspirasi domestik untuk ekowisata dan upaya global mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Perwakilan IUCN, Chetan Kumar dan Li Jia menekankan pentingnya pendekatan bentang alam untuk kegiatan restorasi, serta menghubungkan tujuannya dengan global komitmen seperti Perjanjian Paris, Tantangan Bonn dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Kumar, Manager Restorasi Bentang Alam Ilmu Pengetahuan IUCN program hutan global dan program perubahan iklim, dan Jia, kepala program restorasi bentang alam wilayah Asia menjelaskan pemikiran mereka dalam video di bawah ini.

Pertemuan Rainforest Asia Pacific Summit 2016 diselenggarakan oleh Pemerintah Brunei Darussalam, dan didukung oleh Pemerintah Australia sebagai mitra koordinasi, dan CIFOR sebagai mitra ilmu pengetahuan dan pelibatan kemitraan.

(Visited 223 times, 2 visits today)
Riset ini merupakan bagian dari penelitian CGIAR tentang Hutan, Pepohonan dan Agroforestri.
Topik :   Deforestasi Bentang alam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan