Video T&J

Solusi iklim juga berlaku untuk bentang alam: Peter Holmgren, Direktur Jenderal CIFOR

Manfaat - manfaat dari perubahan iklim bersinggungan dengan manfaat bentang alam.
Bagikan
0
maxresdefault

Paling popular

Morocco - Peter Holmgren, Direktur Jenderal CIFOR, berbicara disela-sela Forum Bentang Alam Global mengenai pendekatan bentang alam, apa artinya bagi agenda iklim global, dan kelanjutan aksi dari Forum Bentang Alam Global.

Saksikan uraian lebih lengkap dari Peter Holmgren dari video berikut ini:

Bagaimana Forum Bentang Alam Global dikaitkan dengan perubahan iklim?

Tentu, keduanya saling terkait satu sama lain. Sebab solusi iklim yang coba untuk dicarikan jalan keluar, banyak diantaranya dapat diberlakukan pada bentang alam. Sebagai contoh, keterkaitan bentang alam dengan sistem pangan, atau mengurangi deforestasi; pemulihan lahan terdegradasi. Jadi, manfaat-manfaat ini tentu saja dapat berlaku pada bentang alam. Dan jika dilakukan secara benar, dan memenuhi semua nilai-nilai lain dalam bentang alam, maka kita akan melihat bahwa sebenarnya manfaat iklim berhubungan dengan manfaat bentang alam berkelanjutan.

Bagaimana hubungannya dengan COP22?

Saya pikir negosiasi COP22 berjalan dengan baik, sesuai dengan yang direncanakan. Hal ini merupakan suatu pekerjaan besar untuk mengimplementasikan dan merealisasikan Perjanjian Paris. Saya pikir Forum Bentang Alam Global merupakan salah satu upaya dimana kita dapat mencapai beberapa tujuan yang tertera dalam Perjanjian Paris.

Kami berharap dalam lima tahun mendatang kami dapat mengajak satu juta miliar orang berpartisipasi dan belajar dari pendekatan bentang alam.

Peter Holmgren

Apa tahap selanjutnya dari Forum Bentang Alam Global?

Kami ingin membuat fase baru bagi Forum Bentang Alam Global, dimana dalam kurun waktu lima tahun ke depan kami berharap dapat menjangkau satu milyar orang untuk ikut serta belajar pendekatan bentang alam, bersama-sama menemukan solusi yang tepat untuk bentang alam mereka sendiri.

Apa yang akan dilakukan untuk dapat  menjangkau satu milyar orang?

Hal yang utama adalah memastikan para pemangku kepentingan ikut serta terlibat dalam hal ini. Dan sedapat mungkin menghindari pendekatan atas-bawah (top-down) dalam rangka pengembangan pendekatan bentang alam.

(Visited 16 times, 1 visits today)
Riset ini merupakan bagian dari penelitian CGIAR tentang Hutan, Pepohonan dan Agroforestri.
Topik :   Perubahan Iklim Bentang alam