Berita

Menciptakan sumber air dari pepohonan

Semakin banyak pohon tumbuh di daerah kering dapat menciptakan sumber air merupakan berita baik bagi ratusan juta penduduk
Bagikan
0
Hutan kering di Burkina Faso. Menanam pohon lebih banyak meningkatkan resapan air ke dalam tanah. Daniel Tiveau/CIFOR

Bacaan terkait

Seringkali penelitian membalikkan pandangan umum, dan, dalam kenyataannya, menawarkan harapan untuk memperbaiki kehidupan ratusan juta penduduk dunia.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports meneliti keterkaitan pepohonan dan air di daerah kering.

Di tempat-tempat gersang di mana air langka ditemukan, menanam pohon seringkali diragukan dapat memberikan manfaat akan ketersediaan air yang amat dibutuhkan.

Namun para ilmuwan yang bekerja di Burkina Faso menemukan, ketika sejumlah pepohonan tumbuh, maka jumlah resapan air tanah sebenarnya dimaksimalkan oleh fungsi pohon.

Penelitian ini merupakan suatu “perubahan permainan “, menurut salah satu penulis studi tersebut, Douglas Sheil, profesor di Universitas Norwegia Life Sciences dan peneliti senior Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR).

“Kami tidak mendapatkan begitu banyak studi ilmiah di mana kita melihat potensi pergeseran terhadap cara kita melakukan sesuatu,” kata Sheil.

“Hal ini sangat dramatis, dalam arti bahwa itu benar-benar menjungkirbalikkan pandangan kita selama ini tentang pepohonan dan ketersediaan air.”

BASAH BASAH DAN BASAH

Sebelumnya, beberapa studi telah meneliti fungsi tutupan pohon di daerah tropis atau apa saja sebaran dampak yang ditimbulkan, atau menengah, tutupan pohon mungkin mempunyai hasil air.

Menggambar akan gagasan bahwa pohon dapat meningkatkan gerakan air di dalam tanah, para ilmuwan bekerja secara ‘optimal terhadap teori tutupan pohon’ yang akan memberikan untuk jumlah maksimum resapan air tanah.

Penelitian ini menjembatani dua pandangan kontras tentang hutan dan air: ‘teori imbal-balik’ dan ‘teori spons’, terang Aida Bargués Tobella dari Swedish University of Agricultural Sciences, salah satu penulis utama studi.

“Teori spons ‘menyatakan bahwa hutan menyerap air selama musim hujan dan perlahan-lahan melepaskannya selama musim kemarau, sehingga mempertahankan aliran sungai selama periode kering, sedangkan’ imbal balik teori’- yang telah menjadi paradigma dominan – menyatakan bahwa jumlah pohon yang lebih banyak menghasilkan sedikit air.

“Kedua persepsi sama-sama benar sampai batas tertentu, tetapi apa yang kami tunjukkan adalah bahwa efek bersih dari resapan air  tanah bergantung pada tingkat tutupan pohon,” kata Bargués Tobella.

“Jadi pohon dapat meningkatkan resapan air tanah ke suatu titik.”

Dengan menguji tingkat air tanah baik dekat dan jauh dari lokasi pepohonan di bentang alam khas semi-kering selama beberapa tahun, para peneliti menemukan bahwa jumlah menengah tutupan pohon menciptakan kondisi lebih banyak ketersediaan air dibandingkan jika tidak ada pohon atau ada banyak pepohonan.

“Tanpa pohon, tanah tropis sensitif ini kehilangan pori-pori yang besar, yang bertanggung jawab untuk mengalirkan air ke dalam tanah dengan cepat,” kata Ulrik Ilstedt dari Swedish University of Agricultural Sciences (SLU), penulis utama lainnya di studi ini.

“Tanpa pori-pori ini, air mengalir jauh di permukaan tanah atau terjebak di permukaan tanah padat dan menguap.”

“Dapat dikatakan, meski ada banyak pohon, pepohonan akan tetap mengkonsumsi air lebih dari apa yang diperoleh untuk memperbaiki tanah.”

Hal penting dari studi kami menunjukkan bahwa imbal balik antara air dan tutupan pohon tidak selalu ada, dan bahwa lebih banyak pohon benar-benar dapat meningkatkan resapan air tanah

Aida Bargués Tobella

Faktor lain yang juga mempengaruhi ketersediaan air termasuk jenis pohon, kualitas tanah dan jenis, dan iklim.

Penelitian ini dilakukan pada jenis tanah yang tersebar luas di daerah tropis, namun ada jenis lain dari tanah yang kurang sensitif yang tidak akan menghasilkan efek positif yang sama, menurut Ulrich Ilstedt.

Namun, sekitar 70 persen dari daerah tropis semi kering memiliki tanah yang sama dengan yang digunakan di dalam penelitian ini, tambahnya.

“Hal penting dari studi kami menunjukkan bahwa imbal balik antara air dan tutupan pohon tidak selalu ada, dan bahwa lebih banyak pohon benar-benar dapat meningkatkan resapan air tanah,” kata Aida Bargués Tobella

“Ini berarti bahwa kita bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai barang dan jasa yang pohon sediakan serya melihat adanya ketersediaan air yang lebih baik.”

Dan dengan 340 juta orang di Afrika tidak memiliki akses ke sumber-sumber yang memadai dan higienis air, pepohonan jelas memberikan banyak manfaat.

HADIAH DARI POHON

Manfaat pepohonan di daerah tropis kering musiman bagi masyarakat di dalam kehidupan sehari-hari mereka banyak sekali dan beragam.

Secara khusus, di lokasi riset Sapone di Burkina Faso, pohon Shea mendominasi: lebih banyak pohon Shea, masyarakat lokal bisa menjual lebih banyak kacang.

Pepohonan juga mendukung pengendalian erosi dan mitigasi perubahan iklim.

“Dengan tutupan pohon besar, dihasilkan manfaat lain seperti keanekaragaman hayati, karbon dan bahan bakar kayu yang sebelumnya tidak diterima,” kata Sheil.

“Sebagian besar wilayah tropis kering benar-benar tidak memiliki tutupan pohon, sehingga memiliki lebih banyak pohon akan menguntungkan, karena akan memberi orang lebih banyak akses ke kayu bakar, buah dan banyak manfaat lainnya.”

Temuan dari studi ini memungkinkan orang untuk mengontrol dan mengelola kondisi menanam lebih banyak pohon, Douglas Sheil menambahkan, bukan hanya kesempatan bagi lembaga donor untuk mulai bekerja untuk mendukung pengelolaan lahan dengan memfasilitasi penanaman pohon di wilayah daerah rampasan air.

Misalnya, penelitian ini sangat relevan bagi upaya pemulihan berkelanjutan berbasis pohon di wilayah Sahel, seperti Great Green Wall Initiative atau African Forest Landscape Restoration Initiative (AFR100).

TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Tujuan Nomor Enam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang baru-baru ini disepakati yaitu meningkatkan akses air bersih, dengan pengakuan bahwa air merupakan kebutuhan dasar manusia.

Bentang alam Burkina Faso merupakan tempat tinggal bagi salah satu penduduk miskin di dunia, di mana, sebagai catatan studi, air yang terbatas tidak hanya membatasi produksi pangan, gizi dan kesehatan, tetapi juga mengurangi kesempatan untuk pendidikan, pekerjaan dan peningkatan mata pencaharian

Para peneliti percaya, temuan bahwa peningkatan tutupan pohon di daerah kering tropis dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap air karena bisa berdampak besar pada kehidupan mereka.

“Studi ini perlu diulang di lokasi-lokasi lain karena penutup pohon yang optimal akan bervariasi dengan kondisi, dengan spesies yang terlibat, namun tidak ada alasan untuk tidak mengharapkan hasil yang sama di bagian lain dari daerah tropis,” kata Sheil. “Saya pikir hal ini akan memiliki dampak global.”

Informasi lebih lanjut tentang topik ini hubungi Douglas Sheil di d.sheil@cgiar.org.
Kebijakan Hak Cipta:
Kami persilahkan Anda untuk berbagi konten dari Berita Hutan, berlaku dalam kebijakan Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0). Peraturan ini mengijinkan Anda mendistribusikan ulang materi dari Kabar Hutan untuk tujuan non-komersial. Sebaliknya, Anda diharuskan memberi kredit kepada Kabar Hutan sesuai dan link ke konten Kabar Hutan yang asli, memberitahu jika dilakukan perubahan, termasuk menyebarluaskan kontribusi Anda dengan lisensi Creative Commons yang sama. Anda harus memberi tahu Kabar Hutan jika Anda mengirim ulang, mencetak ulang atau menggunakan kembali materi kami dengan menghubungi forestsnews@cifor-icraf.org

Bacaan lebih lanjut